en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Yakkum Emergency Unit Gelar Gladi Lapangan FPRB Canden

Solidernews.com – YAKKUM Emergency Unit (YEU) dengan mandat utama melakukan tanggap darurat terhadap bencana dengan lingkup pelayanan di Indonesia dan luar Indonesia. YEU bekerja berdasarkan prinsip netralitas dan imparsial, serta mengutamakan kepentingan kemanusiaan untuk membantu korban bencana di ranah kesehatan, pendidikan kebencanaan dan penanggulangan bencana.

 

Dengan dukungan mitra DKH (Diakonie Katastrophenhilfe), YEU menyelenggarakan kegiatan kesiapsiagaan bencana dengan pendekatan yang inklusif dan berbasis lokal.

 

YEU bekerja sama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul dan Forum Pengurangan Risiko Bencana Kalurahan Canden telah melaksanakan gladi lapang pada Rabu pagi (29/11) bertempat di balai kalurahan Canden, kapanewon Jetis, kabupaten Bantul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 160 peserta yang terdiri dari: masyarakat setempat, bupati, Badan Penaggulangan Bencana Daerah provinsi dan kabupaten, TRC kabupaten, tagana dinas sosial, Forum Pengurangan Risiko Bencana kabupaten/kota, pakanewon, Polsek, Koramil, Palang Merah Indonesia, Puskesmas, Badan Permusyawaratan Kalurahan (Bamuskal), perangkat kalurahan, anggota FPRB kalurahan, yang diawali dengan persiapan dan apel pembukaan, pelaksanaan, hingga pelantikan pengurus kalurahan tangguh bencana.

 

Tujuan yang disasar dalam giat gladi lapangan di kalurahan Canden yaitu untuk menguji standar operasi dan sistem yang sudah disusun dan disepakati bersama saat terjadi bencana. Kemudian untuk menguji kesiapan anggota FPRB, perangkat kalurahan, masyarakat, dan para pihak yang terkait langsung dalam menghadapi bencana. Serta untuk mengetahui kesiapan koordinasi antar instansi saat menghadapi bencana.

 

Gladi lapangan anggota forum penanggulangan risiko bencana kalurahan seperti ini sudah dilakukan sejak Oktober dan akan berlangsung hingga penghujung Desember 2023, di wilayah dampingan DKH yang ada di kota dan empat kabupaten di DIY.[]

 

Reporter: Sri Hartanty

Editor      : Ajiwan Arief

 

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air