Search
en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Wujudkan Good Governance, DPR RI Re-Desain Laman Resminya Ramah Difabel

Solidernews.com – KABAR gembira berhembus dari Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Lembaga perwakilan rakyat ini, berniat melakukan upaya re-desain laman resminya, agar lebih ramah penyandang disabilitas (difabel).

 

Niat baik tersebut, dalam rangka mewujudkan Good governance atau pemerintahan yang baik. Guna mempercepat perwujudanya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan dukungan kepada Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI, segera melakukan re-design laman resminya. Sehingga, semua warga negara tak terkecuali difabel, dapat mengakses laman resmi DPR RI, untuk berbagai keperluan.

 

Dalam keterangan persnya, re-desain website DPR RI ini, menyambut periode 2024-2029. Sekaligus menjadi salah satu agenda reformasi birokrasi. Karenanya, meningkatkan kualitas pelayanan publik, perlu menyesuaikan kebutuhan tiap-tiap warga negara. Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025.

 

Hal tersebut, dibahas dalam Forum Tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) yang bertajuk “Redesain Website DPR RI: Menyambut Periode 2024-2029.” Satu kegiatan yang digelar di Ruang Abdul Muis Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat, 3 Mei 2024 silam.

 

Pada kesempatan itu, Sekretaris Jenderal (Setjen) DPR, Indra Iskandar mengungkapkan bahwa momentum pasca pemilu menjadi terobosan Setjen DPR untuk berinovasi. Salah satunya mewujudkan e-government yang lebih ramah khususnya kepada anak muda dan difabel.

 

“Saat ini Sekjen DPR akan mempersiapkan penyambutan anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029. Makin banyak agenda-agenda kepemudaan yang membutuhkan kecepatan informasi melalui digitalisasi khususnya website. Termasuk fitur baru kami yang lebih ramah terhadap difabel,” ungkap Indra dalam keterangan persnya.

 

Ramah pemuda dan difabel

Dalam keterangan yang sama, Kepala Pusat Teknologi dan Informasi DPR RI, Djaka Dwi Winarko pun menggarisbawahi. Bahwa, konsep keberpihakan, mulai ditumbuhkan di lingkungan kantor wakil rakyat. Dengan harapan, pada masa mendatang, website DPR RI lebih ramah pemuda dan disabilitas.

 

Rencana tersebut dinilai sejalan dengan tugas Kemenpora, sebagai badan publik yang menjadi leading sektor bidang kepemudaan nasional, jelang bonus demografi di Indonesia.

 

“Kita memiliki strategi komunikasi melalui tampilan baru website DPR RI.  Redesain website menggunakan warna dan tipografi, satu di antaranya. Dinilai akan memberikan kesan modern, variatif, inovatif. Sehingga disukai anak muda,” kata Djaka.

 

Lanjutnya, “Tak lupa fitur-fitur menyertakan fitur-fitur menarik lainnya. Search Engine, Quick Menu, Disability Friendly, Aspirasi Masyarakat, Mapping Anggota Dewan, serta Fitur Fungsi Kedewanan,” imbuh Djaka.

 

Fitur Search Engine, akan bekerja layaknya Google. Fitur ini akan memudahkan pengguna, ketika melakukan pencarian informasi yang dibutuhkan, seputar DPR RI. Sedang, fitur Quick Menu, akan mempercepat user dalam mengakses laman resmi DPR RI. Fitur Disability Friendly, memungkinkan pengguna berkebutuhan berbeda, lebih mudah dan nyaman dalam mengakses website DPR RI.

 

Fitur lainnya adalah Aspirasi Masyarakat dengan single page access. Baik untuk pengaduan terhadap anggota dewan, pemerintah, hingga kesetjenan. Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan pengajuan kunjungan ke Gedung DPR RI, melalui menu tersebut

 

Mapping anggota dewan

 

Dua hal penting yang dapat digunakan sebagai fungsi edukasi dan kerap diakses anak muda adalah Fitur Mapping Anggota Dewan. Menu ini, merupakan penyempurnaan dari fitur yang sudah ada sebelumnya. Kini dibuat semakin memudahkan, dari sisi User Interface dan User Experience. “Fitur Fungsi Kedewanan memberikan informasi yang sangat jelas, bagaimana kinerja DPR RI, berdasarkan fungsi kedewanannya. Legislasi, anggaran, serta pengawasan,” pungkas Djaka.[]

 

Reporter: Harta Nining Wijaya

Editor      : Ajiwan

 

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air