en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

World Hearing Day 2024

Solidernews.com. SETIAP tanggal 3 Maret, diperingati sebagai Hari Pendengaran Dunia (World Hearing Day).  Kampanye bersama dengan tag World Federation of the Deaf Ry dan hastag #worldhearingday, dilakukan. Hal ini untuk menunjukkan bahwa tuli, identik dengan memakai bahasa isyarat. Tuli bukan penyakit, sehingga tidak perlu disembuhkan.

 

Hari Pendengaran Sedunia adalah acara advokasi global tahunan. Untuk meningkatkan kesadaran tentang gangguan pendengaran dan mempromosikan perawatan telinga dan pendengaran. Serta, menyerukan tindakan untuk mengatasi gangguan pendengaran dan masalah yang terkait. Setiap tahun, dirayakan dengan tema khusus. Menjadi dasar bagi Organisasi Kesehatan Dunia dan mitranya untuk melakukan kegiatan berdasarkan tema tersebut.

 

Hari Pendengaran Sedunia 2024, berfokus pada upaya mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh kesalahan persepsi masyarakat, serta pola pikir yang menstigmatisasi, melalui peningkatan kesadaran dan berbagi informasi, yang ditargetkan untuk masyarakat dan penyedia layanan kesehatan.

 

Pesan-pesan utama

Pertama, Secara global, lebih dari 80% kebutuhan perawatan telinga dan pendengaran masih belum terpenuhi. Gangguan pendengaran yang tidak tertangani menimbulkan biaya tahunan sebesar hampir US $ 1 triliun secara global.

 

Kedua, persepsi masyarakat yang salah dan pola pikir yang menstigmatisasi, merupakan faktor utama yang membatasi upaya pencegahan dan penanganan gangguan pendengaran.

Tiga, mengubah pola pikir yang berkaitan dengan perawatan telinga dan pendengaran, sangat penting untuk meningkatkan akses dan mengurangi biaya gangguan pendengaran yang tidak tertangani.

 

Adapun, Hari Pendengaran Sedunia 2024, diperingati dengan beberapa tujuan. Di antaranya, pertama, melawan persepsi yang salah dan pola pikir yang menstigmatisasi terkait masalah telinga dan pendengaran di masyarakat dan di antara penyedia layanan kesehatan.

 

Dua, memberikan informasi yang akurat dan berbasis bukti, untuk mengubah persepsi publik tentang gangguan pendengaran.

 

Tiga, menyerukan kepada negara-negara dan masyarakat sipil untuk mengatasi kesalahan persepsi dan pola pikir yang menstigmatisasi terkait gangguan pendengaran. Hal ini menjadi langkah penting dalam memastikan akses yang adil, terhadap perawatan telinga dan pendengaran.

 

Pesan penting peringatan World Hearing Day 2024 ialah, negara-negara anggota, mitra dan pemangku kepentingan, didorong untuk menyelenggarakan acara-acara untuk meningkatkan kesadaran di masyarakat. Acara atau kegiatan untuk mengatasi kesalahpahaman seputar perawatan telinga dan pendengaran, serta memastikan perawatan telinga dan pendengaran yang dapat diakses.[]

 

Penulis: Harta Nining Wijaya

Editor      : Ajiwan Arief

 

 

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air