Search
en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

UNS Buka Jalur Mandiri Afirmasi Difabel dan Peluang Beasiswa dari PT Bayan

Solidernews.com – Dr. Joko Yuwono, M.Pd, Kaprodi S2 Pendidikan Luar Biasa Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam sosialisasi seleksi mandiri UNS 2014, Kamis (13/6) menyatakan telah membuka penerimaan mahasiswa baru melalui mekanisme masuk jalur mandiri afirmasi disabilitas. “Tidak berbeda dari tahun kemarin. Kita menyebut sebagai jalur afirmasi disabilitas tetapi urutan tidak berbeda, “jelas Joko Yuwono.

 

Lima syarat untuk mendaftar adalah :  mengunggah nilai 5 semester. Meski ada beberapa sekolah belum masuk database tetapi beberapa waktu lalu sudah di-update  sekolah inklusi dan SLB,  Surat keterangan dari dokter terkait status disabilitas,  Surat keterangan dari psikolog terkait hasil tes psikologi,  Wawancara. Sementara bagi pendaftar  Nomor WhatsApp pendaftar  harus yang aktif dan selalu dicek secara berkala. Melibatkan bapak ibu dosen yang ahli psikologi. Untuk memastikan kesanggupan dan kemampuan bidang studi yang dipilih, memastikan tidak ada kendala.  Persiapkan sertifikat non akademik seperti seni, olah raga, dan penalaran yang didapat saat SMA/K. Pendaftaran  jalur disabilitas kuota khusus di UNS harus menyesuaikan kebutuhan yang dimiliki mahasiswa. Calon mahasiswa bisa mengakses di spmb.uns.ac.id

 

Apa saja support sistem yang bisa diakses oleh mahasiswa difabel?

Prof. DR. Munawir Yusuf sebagai kepala Pusat Studi Difabel  mengatakan bahwa UNS sebagai kampus inklusi ramah disabilitas siap menerima mahasiswa difabel. Apa itu kampus inklusi?  Kampus yang menjunjung tinggi dan menerapkan prinsip education for all.  Kampus yang memberikan kesempatan yang sama kepada difabel dan nondifabel. Sementara itu pada  Tahun 2013 UNS mendapatkan penghargaan “inclusive award”.

 

Lantas siapa difabel yang memungkinkan dapat mengikuti kuliah di perguruan tinggi? Menurut Munawir, banyak ragam difabel intinya semua ragam difabel dapat mengikuti kuliah di perguruan tinggi manapun di Indonesia. Ada perguruan tinggi akademik yang menekankan lulusannya memiliki kompetensi akademik pada jenjang tertentu (S1, S2, S3), sehingga memerlukan prasyarat kemampuan intelektualitas bagi calon mahasiswanya. Ada perguruan tinggi vokasi yang lebih menekankan lulusannya memiliki skill tertentu untuk mendukung pekerjaannya setelah lulus pada jenjang tertentu (D1, D2, D3, D4/S1 terapan, S2 Terapan dan S3 Terapan). Difabel yang ingin mengembangkan karir akademik, akan diutamakan kepada mereka yang memiliki potensi akademik. Difabel yang (mungkin) kurang memiliki potensi akademik yang dipersyaratkan, akan lebih baik jika memilih jalur vokasi untuk kuliah di PT.

 

Jalur afirmasi difabel ini tidak pakai tes hanya menyiapkan dokumen antara lain surat dari dokter, raport, portopolio dan wawancara.  Empat tahun terakhir UNS menerima 15-20 mahasiswa difabel setiap tahunnya.

 

Lantas bagaimana fasilitas yang disediakan di kampus? Dr. Subagya, M.Si, mengatakan sejak awal ada sosialisasi. Kedua, saat penerimaan mahasiswa baru ada pendampingan khusus bahkan saat mendaftar. Masa Osmaru ada pendampingan dan kelas khusus oleh para kakak tingkat. Khusus difabel netra ada orientasi mobilitas. Masa kuliah ada JBI secara selektif artinya tidak semua Tuli didampingi. Saat praktikum, KKN, penulisan tugas akhir juga ada pendampingan bagi yang memerlukan. Juga ketika menghadapi problem bimbingan karir dan layanan advokasi.

 

Kerja Sama Pemberian Beasiswa UNS dan PT Bayan

Pada tahun 2024 ini UNS bekerja sama dengan PT. Bayan memberikan beasiswa yang ditanggung full : 1. UKT 2. IPI. 3. bantuan biaya buku. 4. Bantuan biaya magang. 5. Bantuan biaya hidup. 6. Bantuan biaya transportasi. 7. Bantuan biaya penulisan tugas akhir. Dengan kriteria atau syarat. Nilai beasiswa ini sangat besar dan bisa diperebutkan bagi yang masuk menjadu mahasiswa di tahun 2024. UNS mendapat  kuota maksimal : 20 orang mahasiswa yang akan dibiayai selama 4 tahun, dengan nilai kontrak sangat besar. Dengan ketentuan syarat prestasi akademik selama 4 tahun, yang beasiswa ada yang dibayarkan langsung  ke rekening UNS, ada yang dibayarkan secara langsung penerima beasiswa.

 

Menjadi catatan pula bahwa beasiswa dari PT Bayan juga bisa diperebutkan bagi calon mahasiswa yang lolos tahun ini lewat jalur SNPMB, SNBT dan seleksi mandiri. Dan untuk tahun ini hanya diperuntukkan bagi jenjang D4 dan S1 saja.[]

 

Reporter: Astuti

Editor     : Ajiwan

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air