Search
en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Sigab Indonesia Buka Lowongan bagi Individu Atau Tim untuk Konsultan Evaluasi Program Solider Inklusi

Solidernews.com – SIGAB Indonesia adalah Lembaga swadaya masyarakat yang bersifat independen, non-partisan, nirlaba, dan mendukung terwujudnya Indonesia yang lebih inklusif. Untuk mendukung cita-cita tersebut, SIGAB Indonesia saat ini tengah melaksanakan program berjudul SOLIDER – Strengthening Social Inclusion for Disability Equity and Rights (Memperkuat Inklusi Sosial untuk Kesetaraan dan Hak-hak Disabilitas), sebuah proyek INKLUSI (Kemitraan Australian-Indonesia Menuju Masyarakat Inklusif). Proyek ini ditujukan untuk menciptakan inklusi sosial dan pemenuhan hak kelompok sasaran Penyandang Disabilitas/Difabel, ditandai dengan meningkatnya akses Difabel terhadap layanan publik (identitas kependudukan, perlindungan sosial, Kesehatan, Pendidikan, bantuan hukum), meningkatnya akses terhadap pekerjaan, serta meningkatnya partisipasi difabel dalam pengambilan keputusan dan pembangunan.

 

Proyek ini bersifat multiyears, diawali pada tahun 2022 untuk membangun fondasi yang kuat berupa penguatan instrumen dan strategi proyek. Tahapan selanjutnya adalah multiyears 2023 – 2025 dimana proyek akan memperkuat Desa Inklusi, Kelompok Difabel Desa, Unit Layanan Disabilitas Ketenagakerjaan, dan jaringan.

 

Proyek berlokasi di 4 Provinsi yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta (Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo), Jawa Timur (Kabupaten Situbondo dan Kota Probolinggo), Kalimantan Timur (Kota Balikpapan dan Kota Samarinda) dan Nusa Tenggara Timur (Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote). Kegiatan-kegiatan pada tahun-tahun awal proyek ini akan meletakkan dasar untuk tahun-tahun berikutnya. Kesuksesan dan tantangan tahun-tahun awal akan menjadi pertimbangan bagi replikasi dan scaling-up ke lebih banyak provinsi dan kabupaten/kota dengan melibatkan lebih banyak organisasi difabel sebagai sub-mitra lokal. Adapun pelaksana lokal di tahun pertama ini adalah SIGAB Indonesia (DIY dan Kaltim), Yayasan PPDIS (Jawa Timur) dan GARAMIN (Nusa Tenggara Timur).

 

Selama 2 tahun berjalan, SIGAB Indonesia telah berkolaborasi dengan sub-mitra, pemerintah, masyarakat, OPDiS, OMS, dan juga sektor swasta untuk mendukung terwujudnya masyarakat yang inklusif terutama di wilayah layanan program.

 

Untuk mendukung tercapainya cita-cita dan tujuan proyek, maka SIGAB Indonesia membuka kesempatan individu maupun tim konsultan evaluasi untuk berkolaborasi dalam kegiatan Midterm Evaluasi proyek.

 

SIGAB Indonesia membutuhkan Konsultan atau Tim Konsultan Evaluasi untuk melakukan proses evaluasi terhadap proyek SOLIDER INKLUSI dengan panduan teknis dan dukungan logistik maupun personel lapangan dari SIGAB Indonesia. Ruang-lingkup tugas konsultan / tim konsultan adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan desain dan metodologi evaluasi bersama tim SIGAB Indonesia, termasuk menghitung ukuran pengambilan sampel dan desain pengambilan sampel.
  2. Mengembangkan protokol penelitian termasuk alat penelitian untuk penelitian ini, serta alat penelitian kuantitatif dan kualitatif.
  3. Mengkoordinasikan pelatihan enumerator untuk proses pengumpulan data.
  4. Pengumpulan data dan input data.
  5. Menjamin kualitas dan validitas data.
  6. Melakukan proses analisis data.
  7. Memberikan Presentasi Power Point dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia mengenai temuan evaluasi.
  8. Mempresentasikan temuan studi/evaluasi kepada SIGAB Indonesia.
  9. Memberikan laporan berkualitas dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Draf laporan harus diserahkan ke SIGAB Indonesia untuk mendapatkan masukan. Laporan memenuhi ekspektasi harus diterima oleh SIGAB Indonesia sebelum pembayaran akhir diberikan kepada konsultan.

 

Adapun kualifikasi Konsultan / Tim evaluasi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Perusahaan perorangan atau konsultan. Lebih disukai perusahaan konsultan sehingga mampu memobilisasi sumber daya untuk mendukung pengumpulan data yang berkualitas. Koordinator studi ini harus memiliki gelar minimal master di bidang studi sosial dan atau studi yang relevan.
  2. Pengalaman minimal 5 tahun dalam mengelola studi sejenis.
  3. Pemahaman yang sangat baik mengenai masalah terkait GEDSI (Kesetaraan Gender, Disabilitas, dan Inklusi Sosial). Semua kompetensi dan pengalaman ini harus tercermin dalam CV konsultan atau tim konsultan.
  4. Pengalaman dalam fasilitasi kelompok.
  5. Familiar dengan konteks difabilitas.
  6. Keterampilan analisis yang kuat dan berpikir logis.
  7. Komitmen untuk mengikuti Kebijakan Perlindungan SIGAB Indonesia.
  8. Mampu mengikuti jadwal dan berkomitmen menyelesaikan studi tepat waktu.
  9. Penulisan laporan yang terbukti berkualitas tinggi baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.
  10. Komposisi tim yang menunjukkan keberimbangan gender dan keterlibatan difabel lebih diutamakan.

 

Anggaran Kegiatan: Rp. 250.000.000,- (Dua ratus lima puluh juta rupiah)

 

Surat Minat dikirim melalui e-mail: sekretariat@sigab.or.id

dengan subject: Midterm Evaluasi SOLIDER_Nama Pelamar

 

Informasi pendukung yang disertakan:

  1. Profil Konsultan/Evaluator
  2. Proposal Evaluasi
  3. Rencana Anggaran
  4. Referensi

 

Untuk mendapatkan informasi lengkap termasuk di dalamnya TOR, bisa menghubungi Contact person 081392035633 (Untoro) atau meminta lewat email sekretariat@sigab.or.id

 

 

DEADLINE 31 Januari 2024 pukul 17.00 WIB, ditujukan kepada : Program SOLIDER

SIGAB Indonesia.[]

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air