en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Resensi Drama Korea My Happy Ending (2024): Bersembunyi bersama Kondisi Bipolar

Solidernews.com – Dikutip dalam Aladokter.com, kondisi bipolar merupakan difabel mental jenis psikososial yang ditandai dengan perubahan drastis pada suasana hati. Orang dengan kondisi bipolar ini bisa merasa sangat gembira kemudian berubah menjadi sedih. Gejala utama Bipolar ditandai dengan perubahan suasana hati (mood) yang drastis. Hal ini bisa terjadi pada hitungan jam, hari atau bulan. Gejalanya meliputi fase manik (luapan energi yang berlebihan) dan berlanjut menjadi depresi (merasa sedih dan tidak berguna berkelanjutan).

 

Penyebab bipolar belum diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini dapat terjadi akibat faktor genetik, faktor lingkungan sekitar dan gaya hidup juga dapat meningkatkan resiko mengalami bipolar.

 

Drama My Happy Ending menghadirkan kisah seorang Wanita Bernama Seo Jae Won seorang CEO sebuah merek furniture di Korea Selatan. Ia memiliki obsesi besar untuk sukses karena trauma masa kecilnya. Ia memiliki seorang suami yang bernama Heo Soon Young yang tewas terbunuh karena berusaha melindungi istrinya agar tidak mengalami fase depresif yang berkepanjangan.

 

Awal Diagnosis Bipolar Disorder

Seo Jae Won di diagnosis bipolar pertama kali ketika berada di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), saat itu dia melakukan self-harm dengan cara melukai pergelangan tangannya pada saat ia dibully oleh teman sekelasnya. Saat itu untuk pertama kalinya Seo Jae Won datang ke psikiater bersama ayahnya yaitu Seo Chang Seok. Setelah mendapatkan diagnosis dari psikiater Seo Jae Won mengalami perundungan terus menerus oleh teman sekolahnya karena dianggap gila. Oleh karena itu Seo Chang Seok memutuskan untuk pindah dan memulai kehidupan baru dengan Seo Jae Won.

 

Setelah mengalami banyak tekanan di kehidupan remaja. Seo Jae Won menjadi pribadi yang ambisius sehingga ia menjadi sukses dan menjadi salah satu influencer dengan memiliki satu juta pengikut di social media.

 

Setelah Diagnosis Bipolar Disoder

Seo Jae Won menyembunyikan identitas Bipolarnya dan hidup dengan kehidupan yang nampak sempurna. Ia menyembunyikan kondisi bipolar bahkan kepada suaminya yang telah hidup bersama selama 7 tahun. Seo Jae Won mendapatkan resep obat illegal yang ia dapatkan dari ayahnya untuk menstabilkan gelaja bipolarnya. Efek obat tersebut memberikan beberapa dampak. Salah satunya ia mengalami tiga kali amnesia. Amnesia ini terjadi karena-tekanan yang membuat ia tertekan. Faktor ini karena ia tidak mendapatkan obat yang tepat sesuai dengan kebutuhannya. Ayah Seo Jae Won mendapatkan resep obat dengan memalsukan identitas orang lain dengan tujuan agar memperkecil kemungkinan identitas bipolarnya diketahui orang lain yang apabila hal tersebut terjadi berpotensi mencemarkan citra baiknya sebagai influencer dan agar bipolar Seo Jae Won tidak semakin parah, hal ini berdampak dengan ingatan Seo Jae Won yang sering kali teracak dan berhalunisasi.

 

Kehidupan sosial dengan Bipolar Disoder  

Seo Jae Won tidak memiliki hambatan yang signifikan dengan kehidupan sosialnya. Ia berhasil menjadi wanita karir sukses dengan menjadi CEO. Ia berhasil dititik ini dengan bekerja keras sehingga ia mendapatkan beasiswa Pendidikan hingga perguruan tinggi dan berhasil mendapatkan investor untuk perusahaan rintisannya.  Meskipun ia seperti tidak mengalami hambatan dalam kehidupan sosialnya, namun ia kerap menyembunyikan kegelisahan dan fase depresinya. Ia kerap kali menjadi sangat hiperaktif hingga memiliki banyak ide di kepala ketika berada di fase manik, dan Ketika ia di fase depresi ia akan melupakan kejadian-kejadian yang tidak ingin ia ingat.

 

Sampai akhirnya suami Seo Jae Won yaitu Heo Soon Young mengetahui bahwa ia memiliki gangguan bipolar yang mengubah jalan hidupnya. Suatu hari Seo Jae Won jatuh ke sungai karena ia berhalusinasi ada sosok yang mengejarnya. Hal itu menjadi topik hangat di media karena ia merupakan seorang influencer. Kejadian ini awal mula kehidupan rumit yang menimpa rumah tangga mereka.

 

Setelah kejadian tersebut ingatan Seo Jae Won berputar ke masalalu Ketika ia mengalami fase depresi 7 tahun lalu yang menyebabkan ia hilang ingatan. Kejadian tersebut membuat mental Seo Jae Won terguncang. Kemudian ia mengalami peristiwa yang mengakibatkan suaminya tewas terbunuh. Dengan tewasnya Heo Soon Young ia dijadikan tersangka pembunuhan suaminya. Namun ia tidak mengingat apapun pada malam kejadian karena efek obat yang sudah tidak lagi bekerja.

 

Seo Jae Won berhasil dibebaskan karena kurangnya bukti. Ia berusaha mencari bukti sendiri atas kematian suaminya. Bukan fakta atas kematian suaminya yang ia dapat, namun ia menemukan fakta bahwa ibu kandung Seo Jae Won meninggal karena dibunuh ayahnya pada tahun 2016. Ayah Seo Jae Won membunuh ibunya karena perangai ibunya yang buruk dan suka berjudi. Atas kejadian ini Seo Jae Won semakin merasa frustasi. Ketika ia ingin bersaksi di pengadilan, kesaksiannya dipertanyakan kebenerannya oleh jaksa karna ia mengidap penyakit mental yang selama ini ia sembunyikan.

 

Saran Penulis

Difabel mental jenis psikososial merupakan suatu kondisi dimana kondisi tersebut mempengaruhi emosi, pola pikir dan perilaku orang dengan kondisi tersebut. Sama halnya dengan difabel fisik berupa gangguan fisik kronis, kondisi psikososial juga memiliki obat yang dapat membantu orang dengan kondisi tersebut untuk lebih mengendalikan kondisinya. kondisi mental yang tidak baik baik saja bukan sesuatu yang perlu disembunyikan. Jika merasakan mental tidak stabil segera datang ke psikolog atau psikiater untuk mendapatkan penanganan. Tidak perlu malu ketika memiliki kondisi psikososial yang sedang tidak baik baik saja, sama halnya dengan difabel fisik gangguan fisik kronis, kondisi psikososial juga akan membaik seiring dilakukan perawatan yang intensif.

 

Tidak hanya di drama, difabel mental di dunia nyata juga sangat terstigma. Ia dianggap tidak bisa berfikir rasional dan bahkan kesaksiannya dimata hukum bisa dianggap tidak valid karena gangguan mental yang dialami.

 

Konsumsi obat berlebihan tanpa resep dan anjuran dokter memiliki efek bahaya terhadao tubuh. Saperti yang terjadi di drama tersebut mengonsumsi obat dokter tanpa resep dan anjuran dokter dapat memperparah gejala bahkan hingga amnesia. Drama ini dapat ditonton di layanan streaming Netflix dengan judul My Happy Ending.[]

 

Penulis: Emsa Nainul Amaniyah

Editor      : Ajiwan Arief

 

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air