Search
en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Polri Buka Kesempatan Difabel Jadi Perwira, Ini yang Harusnya Disiapkan Negara

Solidernews.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membuka kesempatan bagi difabel untuk menjadi perwira kepolisian, pun bintara. Rekrutmen ini merupakan salah satu bentuk komitmen Polri untuk mewujudkan kesetaraan bagi seluruh warga negara, termasuk bagi difabel.

 

Seperti yang dilansir oleh humas.polri.go.id, Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM), Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan, dasar hukum yang digunakan dalam penerimaan adalah Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 27 Tahun 2021, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 28 Tahun 2021, dan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 29 Tahun 2021.

 

Dedi mengatakan kesempatan bagi difabel  fisik untuk menjadi anggota Polri ini berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, Peraturan Kapolri Nomor 10 Tahun 2016 tentang Penerimaan Anggota Polri.

“Bahwa tahun ini, Polri merekrut personel dari kelompok disabilitas, di mana rekrutmen disabilitas bintara Polri adalah untuk yang menamatkan pendidikan di tingkat SMU dan SMK. Kemudian SIPSS untuk lulusan perguruan tinggi,” kata Dedi kepada wartawan, Selasa (16/1/2024).

 

Dedi menuturkan difabel yang bergabung di kepolisian akan ditugaskan untuk mengisi jabatan-jabatan seperti Teknologi Informasi (TI), Siber, Bagian Keuangan, Bagian Perencanaan, Administrasi dan lainnya yang bersifat non-lapangan.

“Sebagai referensi pada 3 negara maju yang menerima polisi dari golongan disabilitas antara lain Australia, Amerika Serikat, dan Inggris,” lanjut Irjen Dedi.

 

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan saat ini ada 447 ribu personel Polri. Kapolri kemudian menerangkan soal rekrutmen di Polri mulai dari Akpol, SIPSS, Bintara, hingga Tamtama, bahkan rekrutmen untuk masyarakat difabel.

 

Rekrutmen Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana  (SIPSS) 2024 untuk difabel akan dibuka mulai tanggal 26 Januari hingga 1 Maret 2024. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website resmi Polri.

 

Hal tersebut merupakan langkah progresif untuk menciptakan keberagaman dan inklusivitas. Dalam hal ini, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah memiliki langkah inovatif untuk mengumumkan penerimaan anggota baru bagi difabel. Program ini bertujuan untuk memberikan peluang yang setara bagi mereka yang memiliki bakat dan semangat untuk berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

Idealnya proses seleksi  diselenggarakan dengan memperhatikan kebutuhan dan kondisi spesifik difabel. Hal Ini termasuk penyediaan fasilitas yang memadai selama tahapan tes fisik dan mental, sejalan dengan komitmen Polri untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi semua. Dalam hal ini, penyadiaan aksesibilitas, dan akomodasi yang layak bagi peserta difabel mutlak diperlukan. Aksesibilitas fisik seperti Gedung saat tes dilaksanakan, adanya kemudahan dalam proses seleksi harusnya menjadi hal penting yang disiapkan.

 

Penerimaan anggota Polri bagi difabel sebaiknya  juga didukung oleh kerjasama dengan lembaga-lembaga atau organisasi difabel, guna memastikan proses seleksi dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan dan kapabilitas masing-masing individu. Langkah ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam membentuk kepolisian yang mencerminkan keberagaman masyarakat Indonesia.

 

Proses seleksi juga harus melibatkan tahapan-tahapan standar, termasuk ujian tulis, wawancara, dan tes fisik yang disesuaikan. Kriteria seleksi akan mencakup aspek kecakapan, keterampilan interpersonal, dan komitmen terhadap pelayanan masyarakat.

 

Pendaftaran yang dibuka secara online melalui situs resmi Polri harus memberikan akses yang mudah bagi calon anggota difabel yang berminat dari seluruh penjuru negeri. Diharapkan, langkah ini dapat membuka pintu bagi lebih banyak individu yang memiliki semangat untuk berbakti kepada negara melalui karir di kepolisian, menciptakan polisi yang semakin mewakili dan memahami kebutuhan masyarakat secara menyeluruh.[]

 

Reporter: Sri Hartanty

Editor     : Ajiwan

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air