en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Penghargaan Buku Anak Amerika 2024 Didominasi Cerita Disabilitas

Solidernews.com –Penghargaan tertinggi buku anak Amerika Serikat, Schneider Family Book Awards 2024 memenangkan beberapa buku anak bertema difabel. Asosiasi Perpustakaan Amerika mengumumkan tiga pemenang dan enam penerima penghargaan Schneider Family Book Awards tahun ini.

 

Para pemenang penghargaan diumumkan dalam acara LibLearnX: The Library Learning Experience yang diselenggarakan oleh American Library Association (Asosiasi Perpustakaan Amerika), pada 19-22 Januari, di Baltimore. Penulis dan ilustrator diberi penghargaan dengan plakat dan hadiah $5.000 dalam upacara di konferensi tahunan organisasi pada bulan Juni,” seperti yang dikutip dari siaran pers yang dimuat dalam situs Disability Scoop, Selasa, 30 Januari 2024.

 

Dalam kesempatan tersebut, Asosiasi Perpustakaan Amerika mengumumkan tiga pemenang dan enam penerima Schneider Family Book Awards. Penghargaan tahunan ini diberikan dalam tiga kategori yang menyasar berbagai kelompok umur antara lain, usia 8 tahun, usia 9 hingga 12 tahun, dan usia remaja.

 

Buku anak terbaik

 

Pemenang untuk kategori anak usia dini adalah buku berjudul Henry, Like Always, yang berkisah tentang kisah adaptasi seorang anak autis dengan perubahan rutinitas di sekolah. Sementara Buku Kehormatan dalam kategori ini adalah Dancing Hands, buku bergambar tentang persahabatan dan bahasa isyarat, serta What Happened to You?, yang menceritakan tentang pengalaman seorang anak laki-laki memiliki satu kaki.

 

Tiga pemenang

“Henry, Like Always,” “The Fire, the Water, and Maudie McGinn” dan “Forever is Now” adalah tiga pemenang Schneider Family Book Awards 2024, yang memberikan penghargaan kepada pengarang atau ilustrator atas ekspresi artistik pengalaman difabel bagi pembaca anak dan remaja.

 

Kisah Henry memikat panitia. Dengan ilustrasi yang lembut dan tidak bersuara, serta teks yang tenang, yang menyampaikan reaksi Henry terhadap ritme hari sekolah pada umumnya, kata ketua panitia penghargaan Susan Hess dan Mary-Kate Sableski.

 

Adapun, Maudie, yang menyandang autisme, senang menghabiskan musim panas bersama ayahnya di California. Ketika kebakaran hutan memaksa evakuasi, mereka pindah ke sebuah trailer di pantai. Terbebani oleh rahasia dan harapan ibunya, Maudie mencari penegasan dengan belajar berselancar.

Keberaniannya, memperluas dan mengubah harga dirinya.

 

Dalam buku ini, pembaca akan menaiki gelombang perjalanan emosional Maudie. Satu kisah mengharukan, bagaimana dia menemukan penerimaan dan pembelaan diri. Buku The Fire, the Water, and Maudie McGinn, membahas isu-isu penting dalam narasi berlapis. Hal ini dikemukakan Susan Hess dan Mary-Kate Sableski, saat penganugerahan penghargaan.

 

Praktisi dan peneliti neurologi anak, Peter Rosenbaum mengemukakan, buku anak dapat membantu penjabaran kondisi individual masing masing anak. Terkadang tidak didapatkan seorang dokter anak di dalam perkuliahannya, jurnal medis maupun dalam observasi pasien di rumah sakit.

 

“Buku anak, apalagi yang dituliskan oleh orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, dapat menjadi sumber informasi tentang kebutuhan individual, yang sering tidak tersampaikan dalam pemeriksaan kesehatan,” mengutip pernyataan Peter Rosenbaum.

 

Dua buku pilihan

 

Dua buku remaja pilihan ialah, “Good Different” oleh Meg Eden Kuyatt dan diterbitkan oleh Scholastic Press, sebuah imprint dari Scholastic Inc.  Dan, “Simon Sort of Says” oleh Erin Bow, diterbitkan Disney-Hyperion, sebuah imprint dari Buena Vista Books, Inc.

 

Ada pun, pemenang penghargaan untuk remaja adalah “Forever is Now,” ditulis oleh Mariama J. Lockington dan diterbitkan Farrar Straus Giroux Books for Young Readers. Salah satu penerbit dari Macmillan Publishing Group.

 

Sadie adalah seorang aktivis dari Oakland, California, yang membagikan semangatnya untuk keadilan sosial secara online. Setelah menyaksikan sebuah insiden kekerasan yang dilakukan oleh polisi, kecemasannya yang kronis menjadi agorafobia.

 

Puisi yang khas dan narasi liris, menyampaikan perjalanan emosional Sadie, dalam melakukan advokasi diri. Selanjutnya menginspirasi perubahan, yang ia bayangkan untuk dunianya.

 

Dengan menggunakan puisi dan prosa dalam menjalin narasi yang kompleks, Forever is Now berbicara kepada remaja masa kini, saat Sadie menavigasi isu-isu yang relevan dan tepat waktu. Demikian yang disampaikan co-chair penghargaan Susan Hess dan Mary-Kate Sableski.

 

Dua buku remaja terbaik

 

“Where You See Yourself” yang ditulis oleh Claire Forrest dan diterbitkan oleh Scholastic Press, sebuah imprint dari Scholastic, Inc.

 

“Tilly in Technicolor” yang ditulis oleh Mazey Eddings dan diterbitkan oleh Wednesday Books, sebuah penerbit dari St Martin’s Publishing Group

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Schneider Family Book Award dan Penghargaan Media Remaja ALA lainnya, kunjungi www.ala.org/yma.

 

Buku tantangan dan peluang

 

Selain itu, buku anak yang bercerita tentang kisah disabilitas banyak memuat informasi mengenai tantangan penting, dan peluang bagi pendidikan dan pelatihan tumbuh kembang anak yang dikutip langsung dari pengamatan mendalam para orang tua.

 

“Buku anak yang bercerita tentang kisah disabilitas juga dapat memberikan kesempatan bagi orang tua anak berkebutuhan khusus, menceritakan kisah mereka dan menampilkan anak mereka sebagai pribadi, bukan sekadar kasus,” kata Rosenbaum.

 

Asosiasi perpustakaan Amerika

 

American Library Association (ALA) adalah organisasi nasional terkemuka yang menyediakan sumber daya untuk menginspirasi para profesional perpustakaan dan informasi dalam mentransformasi komunitas mereka melalui program dan layanan penting.

 

Selama lebih dari 140 tahun, ALA telah menjadi suara terpercaya bagi perpustakaan akademik, umum, sekolah, pemerintah, dan perpustakaan khusus, yang mengadvokasi profesi dan peran perpustakaan dalam meningkatkan pembelajaran dan memastikan akses informasi bagi semua orang. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.ala.org. []

 

Penulis: Harta Nining Wijaya

Editor     : Ajiwan Arief

 

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air