Search
en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Menuju Kampus Inklusif; UKDW Yogyakarta Resmikan Dua Pusat Studi

Solidernews.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitar Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta meresmikan dua pusat studi secara bersamaan, yaitu Pusat Studi Disabilitas dan Desain Inklusif, dan Pusat Studi Center for Disaster Risk Management and Sustainable Development.

 

Kegiatan launching kedua pusat studi tersebut dilaksanakan pada Selasa pagi (21/5) di Ruang Seminar Pdt. Dr. Rudi Budiman UKDW. Sejumlah perwakilan dari komunitas dan lembaga difabel, sekolah luar biasa, akademisi, rumah sakit, mitra kerja, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota dan kabupaten yang ada di Yogyakarta turut hadir menyaksikan secara langsung.

 

Ketua LPPM UKDW, Dr. Freddy Marihot Rotua Ninggolan, S.T., M.T., IAI menyampaikan   lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bukan lagi bersifat penetilian mono disiplin, melainkan bersifat multi disilpin yang harus terus dikembangkan bersama.

“LPPM melihat bahwa dalam perjalanan maupun pengabdian terhadap masyarakat di UKDW, kami melihat ada dua kegiatan penetilian yang sangat kuat, yaitu kegiatan-kegiatan penelitian yang terkait dengan inklusifitas demikian pula yang berkaitan dengan kebencanaan. LPPM bersama semua pihak mulai menjadikan kedua pusat studi ini sebagai warna, dan fokus dari penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat,” paparnya.

 

Freddy juga menambahkan, inklusifitas merupakan sesuatu yang terus berkembang dan saat ini kegiatan LPPM bisa terus memperdulikan hal itu. Sedangkan kebencanaan merupakan sebagi wujud antisipasi dari tempat tinggal yang dekat dengan rawan bencana.

“Harapannya tentu saja kegiatan LPPM dan pengembangan keilmuan, kajian-kajian yang terkait dengan inklusifitas dan kebencanaan terus berkembang, dan dapat memberikan sumbangsih pengetahuan kepada Indonesia dan juga dunia internasional,” ungkapnya.

 

Terkait kegiatannya LPPM Pusat Studi Disabilitas dan Desain Inklusif, telah melakukan Asesmen Internal pada akhir 2022, studi banding ke Rumah Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya Malang pada Juli 2023, dan beberapa kegiatan bersama komunitas difabel Yogyakarta.

 

Sementara pada LPPM Pusat Studi Center for Disaster Risk Management and Sustainable Development. salah satu misinya adalah membangun pusat penelitian berkualitas unggul yang menjadi laboratorium kolaboratif untuk menghasilkan produk luaran yang berdampak dalam memberikan sosuli atas permasalahan terkait program manajemen penanggulangan risiko kebencanaan global dan pembangunan berkelanjutan dengan menerapkan metodologi penelitian multidisipliner yang aktual dan kontekstual.

 

Rektor UKDW, Dr. -Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T., mengharapkan pusat studi yang baru di-launching tersebut dapat memberikan dampak nyata yang bermanfaat, yang lebih baik kepada difabel dan juga kelompok-kelompok inklusif yang tergabung dalam pusat studi inklusif maupun kebencanaan.

“Kedua pusat studi ini sejalan dengan rencana induk pengembangan UKDW 2024 sampai dengan 2043, dan visi UKDW,” pungkasnya.[]

 

Reporter: Sri Hartanty

Editor     : Ajiwan Arief

 

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air