en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Membangun Usaha Inklusif bersama Sunar Sang Gita

Solidernews.com – Astra Disability Connection Program (ADCP) baru-baru ini menggelar ajang kompetisi bisnis dan ide bisnis yang dirancang khusus untuk difabel. Melewati beberapa tahap seleksi yang diikuti ratusan peserta dengan masing-masing bisnis yang digelutinya, kemudian disaring menjadi 50 besar hingga tersisia 20 besar untuk masuk ke babak final. Akhirnya pada acara final yang berlangsung di Yogyakarta tepatnya di daerah mangunan kabupaten bantul Sabtu tanggal 29 Juli 2023, seorang difabel netra bernama I Made Prasetya Wiguna berhasil meraih gelar juara 1 dengan startup bisnis musik inovatifnya yang diberi nama “Sunar Sang Gita.”

Dalam kompetisi ini, ADCP memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menampilkan kreativitas dan kepiawaian mereka dalam mengembangkan bisnis yang berfokus pada inklusi sosial dan pengembangan potensi difabel. ADCP berkomitmen untuk mendukung para peserta dalam menjalankan bisnis mereka serta memberikan bimbingan dan akses ke jaringan yang luas.

I Made Prasetya Wiguna, anak muda berusia 23 tahun seorang difabel netra asal Bali yang hobi dalam bidang musik dan pengembangan startup, menghadirkan konsep bisnis yang sangat menarik dan memiliki dampak sosial yang positif. Musiknya yang diberi nama ‘Sunar Sang Gita’ tidak hanya membawa hiburan, tetapi juga memberikan kesempatan kepada difabel lain untuk berkolaborasi dalam menciptakan lapangan kerja  dan mengekspresikan bakat mereka.

Bisnis “Sunar Sang Gita” yang dirintis oleh I Made Prasetya Wiguna menawarkan berbagai produk dan layanan yang berkaitan dengan musik, seperti penyewaan studio dan alat musik, pelatihan vokal dan instrumental, serta jasa musik sebagai sarana hiburan dalam sebuah acara. Ia memiliki visi yang kuat untuk menciptakan platform inklusif bagi para difabel netra di dunia musik.

“Saya sangat bersyukur dan terharu atas penghargaan ini. Melalui ‘Sunar Sang Gita’, saya ingin membuka pintu kesempatan bagi sesama penyandang disabilitas netra untuk mengejar impian mereka di bidang musik. Musisi tak hanya melihat dengan mata, tetapi juga dengan hati dan jiwa. Saya ingin membuktikan bahwa musik adalah bahasa universal yang dapat menyatukan kita semua,” kata I Made Prasetya Wiguna dengan penuh semangat.

ADCP telah berhasil menyajikan berbagai ide bisnis kreatif dari para peserta lainnya yang juga berfokus pada inklusi dan pemberdayaan difabel. Program akselerasi bisnis ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi banyak pihak dan memberikan dukungan nyata bagi pertumbuhan ekonomi inklusif di Indonesia.

Selamat untuk I Made Prasetya Wiguna atas kemenangannya dalam Astra Disability Connection Program (ADCP) dengan bisnis musiknya “Sunar Sang Gita.” Semoga keberhasilan ini dapat mendorong lebih banyak orang untuk mendukung dan mewujudkan inklusi sosial serta kesempatan yang setara bagi semua individu, tanpa memandang latar belakang dan kemampuan.[]

 

Penulis       : Harisandy

Editor         : Ajiwan Arief

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air