en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Para Peserta Sosialisasi Desa Ramah Difabel dan OYPMK berfoto bersama usai kegiatan
Para peserta perwakilan dari instansi pemerintah desa dan Kabupaten Cirebon berfoto bersama usai mengikuti pelatihan

Memahamkan Pentingnya Partisipasi OYPMK dan Difabel Kepada Kepala Desa

Solidernews.com,- Forum Komunikasi Difabel Cirebon (FKDC) melalui dukungan NLR Indonesia menggelar kegiatan sosialisasi program Desa Ramah Disabilitas dan Kusta kepada pemerintah desa. Bertempat di kantor Kecamatan Lemah Abang, kegiatan dihadiri perwakilan dari instansi mulai dari Kepala Desa, Camat, sampai Pemerintah Kabupaten (Kamis, 9/11/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan Kepala Desa terkait program Desa Ramah Disabilitas dan Kusta. Selain itu juga bagian dari upaya penyadaran dan membangun sinergi antar instansi dalam penanganan isu disabilitas dan kusta.

Dading Syaripudin salah satu pengurus sekaligus panitia dari FKDC mengatakan, seluruh kepala desa mengapresiasi kegiatan ini. Bahkan, banyak dari peserra ingin segera melakukan pendataan kusta dan difabel sebagai rencana tindak lanjut.

“Harapannya setiap desa bisa menjalankan fungsi yang inklusi, dengan adannya acara ini, kami mendorong implementasi soal itu ada pada taraf kebijakan,” ujar Dading.

Di kesempatan lain, Abdul Mujib, ketua FKDC mengungkapkan dilaksanakannya kegiatan ini, para kepala desa di Kabupaten Cirebon memahami terkait pentingnya melibatkan difabel dan Orang yang Pernah Mengalami Kusta (OYPMK). Sehingga program, kegiatan ataupun kebijakan yang dibuat sesuai dan dapat mengakomodir semua kebutuhan Masyarakat difabel dan OYPMK.

“Serta desa di seluruh kabupaten Cirebon mempunyai data disabilitas dan OYPMK.”

Mujib juga mengapresiasi antusiasme para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu hasil dari kegiatan ini, difabel dan OYPMK bisa memainkan peran dengan terlibat dalam perumusan kebijakan desa dan bersinergi di setiap musyawarah perencanaan dan Pembangunan di desa.[]

 

 

Kontributor: Apipudin

Editor: Rob Andi

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air