Search
en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Stand ukm disabilitas pada kegiatan milad Muhammadiyah

Komitmen Membesarkan Hidimu Bantul, PDM Fasilitasi Stand Gratis di Gelaran Jalan Sehat Milad Muhammadiyan

Solidernews.com, Bantul Ada yang berbeda dalam pelaksanaan jalan sehat yang digelar oleh Pengurus Daerah Muhammadiya Bantul tahun ini. Kalau diperhatikan dari tenda-tenda stand yang disediakan oleh panitia tersebut, maka ada salah satu stand yang memajang produk-produk usaha dari masyaraka difabel. Ternyata stand tersebut milik Himpunan Disabilitas (Hidimu) Kabupaten Bantul, yang merupakan binaan dari Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul.

 

Kegiatan jalan sehat yang diselenggarakan oleh jajaran PDM Kabupaten Bantul tahun ini diikuti sekitar 40.000 peserta. Dengan mengambil tempat untuk start dan finish  di lapangan Paseban Bantul. Adapun pelaksanaan dari kegiatan ini adalah pada Hari Minggu, 12 November 2023. Selain diadakan kegiatan jalan sehat, juga digelar berbagai kegiatan lainnya seperti bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pentas seni pelajar Muhammadiyah dan silaturahmi warga muhammadiyah.

 

Salah satu stand yang memeriahkan kegiatan adalah milik Hidimu Kabupaten Bantul yang di nahkodai oleh Andi Maulana.

“Ya biasa, ada yang laris juga ada yang sepi”, jawab Andi Maulana ketika ditanya kontributor soal stand Hidimu di acara jalan sehat dalam rangka milad Muhammadiyah yang ke 111.

 

Seperti sudah disampaikan sebelumnya  bahwa tahu ini Hidimu mendapatkan stand gratis dari panitia jalan sehat milat muhamadiyah. Kemudian oleh Hidumu stand tersebut digunakan untuk memasarkan produk-produk yang menjadi usaha difabel anggota Hidimu. Adapun produk yang di jual di stand Hidimu tersebut seperti abon, es kluwut, juice, nasi kucing, pewangi dan baju.

 

Andi, sapaan akrap dari ketua Hidimu Bantul ini berharap bahwa, besuk saat Hari Disabilitas Internasional HDI dibuat acara yang lebih mantap, mumpung masih tersisa waktu yang cukup lama karena HDI diperingati setiap tanggal 3 Desember. Namun, Andi tetap berharap apapun hasil dari kegiatan ini harus tetap dievalusi untuk perbaikan pada kegiatan berikutnya.

 

Tanggapan PDM Bantul

Menjawab pertanyaan kontributor kenapa PDM memberikan stand gratis kepada Hidimu, Muhammad Farid Hadiyanto sekretaris MPKS dari PDM Bantul sekaligus sebagai pembina Hidimu mengatakan, karena Hidimu adalah bagian dari binaan PDM Bantul melalui MPKS. Dengan adanya stand gratis ini diharapkan dapat menambah ruang gerak pemberdayaan Hidimu, yang membantu memasarkan produk-produk UMKM para disabilitas anggota Hidimu Bantul.

 

Dia menambahkan bahwa produk-produk UMKM anggota Hidimu sudah bagus. Namun, akan lebih bagus lagi apabila jenis produk yang dijual tersebut ditambah lagi. Salah satu cara yang dapat diakukan untuk menambah jenis produk UMKM difabel  adalah, dengan mendorong anggota Hidumu yang lainnya untuk ikut berpartisipasi mengisi stand. Harapanya dengan dilibatkanya Hidimu dalam event seperti ini maka, Hidimu akan semakin populer dikalangan pesyarikatan muhammadiyah.

 

Kemudian dihubungi secara terpisah ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Hidimu DIY, Jati Suryanto menyampaikan bahwa sudah seharusnya PDM Bantul memberikan fasilitas kepada Hidimu Bantul. Dan kebetulan Hidimu Bantul dan MPKS memang mengajuan fasilitas khusus pada PDM dan dikabulkan.[]

 

Reporter: Dwi Windarta

Editor       : Ajiwan

 

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air