Search
en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Kelompok Barista Difabel Netra Pukau Pengunjung Royal Kreatif Market Ubud

Solidernews.com – Sebuah kelompok barista difabel netra bernama Kopi Bayang berhasil memukau pengunjung Royal Kreatif Market Ubud dengan produk kopinya yang bernama Kopi Bayang. Kopi Bayang merupakan kopi hasil racikan kelompok barista ini sendiri yang dibuat dengan biji kopi berkualitas tinggi dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Kelompok barista ini terdiri dari empat  orang yang semuanya merupakan difabel netra. Mereka menjadi seorang barista setelah mengikuti serangkaian pelatihan barista setahun yang lalu di Bali dan telah berhasil melahirkan beberapa varian kopi yang sudah dipasarkan selama setahun terakhir pada sebuah acara ataupun melalui pemesanan online.

 

Pada pameran UMKM yang diselenggarakan oleh Royal Kreatif Market Ubud Bali dari tanggal 22 hingga 24 Desember 2023 silam, kelompok barista ini menampilkan berbagai macam menu kopi, mulai dari vietnam drip, gula aren, airopress, hingga kopi jahe. Mereka juga memberikan demo pembuatan kopi kepada pengunjung.

 

Demo pembuatan kopi yang dilakukan oleh kelompok barista ini berhasil memukau pengunjung. Mereka menunjukkan keahliannya dalam meracik kopi, meski tanpa bantuan penglihatan. Kelompok barista ini juga menjelaskan secara detail proses pembuatan kopi kepada pengunjung.

“Kami sangat senang bisa mengikuti pameran ini. Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa difabel juga bisa berkarya,” kata salah satu anggota kelompok barista bernama Jerry Kadek.

 

Selain kopi, kelompok barista ini juga menjual berbagai macam produk, seperti kopi celup, chocolate drink, dan merchandise  berupa kaos yang berisi hasil lukisan mereka sendiri. Produk-produk kopi kelompok barista ini mendapat respon positif dari pengunjung.

“Saya sangat suka dengan kopi buatan teman-teman difabel ini. Rasanya enak dan pas di lidah tidak membuat perut mules serta aromanya juga harum,” kata salah satu pengunjung.

 

Kelompok barista ini berharap keikutsertaannya dalam pameran UMKM ini dapat membuka peluang bagi mereka untuk mengembangkan bisnis kopinya. Untuk melihat lebih jelas aktivitas atau produk apa saja yang telah dilahirkan kelompok barista difabel netra ini bisa mengunjungi akun instagramnya di @kopibayang_bali. Melalui karya kopinya kelompok kopi bayang ingin menginspirasi kalangan masyarakat serta para difabel lainnya untuk terus berkreasi dan berdampak bagi kehidupan.

 

Kelompok barista difabel netra ini merupakan satu-satunya kelompok UMKM difabel dari sekian banyak kelompok UMKM yang turut berpartisipasi dalam pameran UMKM yang diselenggarakan oleh Royal Kreatif Market Ubud. Pameran ini merupakan upaya untuk mempromosikan produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), termasuk para pelaku usaha difabel.[]

 

 

Penulis   : Harisandy

Editor     : Ajiwan Arief

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air