Search
en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

KDK Bantul Sadari Pentingnya Berorganisasi

Solidernews.com, Bantul – Kelompok Difabel Kelurahan (KDK) wilayah Bantul yakni kelurahan Bantul, Palbapang dan Jetis tengah mengikuti pelatihan pengorganisasian di ruang pertemuan RM Gendal Gendul jalan Parangtritis km 15, Kamis 9 November 2023. Program pelatihan ini didukung penuh kerjasama SIGAB dengan INKLUSI melalui program SOLIDER INKLUSI yang sejak tahun 2022 hingga kini telah mendampingi kabupaten Kulonprogo dan Bantul.

 

Proses pelatihan melibatkan pengurus dan anggota  KDK kelurahan Bantul, Palbapang, dan Jetis dengan fasilitator  Sumaryanti selaku fasilitator kelurahan. Paparan materi yang disampaikan yakni tentang pentingnya organisasi, pembagian tugas dalam organisasi, dan komunikasi yang baik antar anggota.

 

“Saya sebagai difabel pengorganisasian itu penting sekali, organisasi harus berjalan dengan baik, anggota harus mengetahui tugasnya masing-masing. Organisasi itu tidak bisa berjalan sendiri, kita itu harusnya saling merangkul saling mengisi”, jelasnya.

 

Dalam proses pelatihan, fasilitator menggunakan teknik pembelajaran orang dewasa dengan memaparkan materi, diskusi dan presentasi. Para peserta terlibat aktif untuk menyampaikan pendapat dan gagasannya yang dituangkan dalam kertas dan dipersentasikan di hadapan seluruh peserta.

 

“Bagi KDK hal ini memiliki kebermanfaatan untuk penguatan KDK itu sendiri, jika ada wilayah lain yang tertarik maka bisa diikuti. Ke depan KDK dapat menyuarakan pendapatnya dan melakukan advokasi di wilayah setempat”, tambah Doddy selaku Project Officer Nasional Program SOLIDER INKLUSI.

 

Menurut keterangan Sugiyanto keterlibatan dalam pelatihan organisasi merupakan hal yang baru dan belum pernah diikuti. Terlibat aktif dalam KDK Bantul sejak 2022 memiliki kebermanfaatan bagi dirinya.

 

“Dulunya kan saya malu kalau mau bergaul dengan yang lain, dulu juga belum ada KDK di Bantul. Mudah-mudahan organisasi difabel ini bisa berlanjut karena difabel itu juga harus srawung bisa memiliki kemampuan,” tambahnya.[]

 

Reporter: Erfina

Editor     : Ajiwan

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air