Search
en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Ini Keseruan Blind Semeton Dewata Dukung Dan Nikmati Pertandingan Sepak Bola

Solidernews.com – Di tengah hiruk pikuk stadion sepak bola, lantunan chant dan sorak-sorai suporter bergema. Di antara mereka, terdapat sekelompok orang yang merasakan atmosfer pertandingan dengan cara berbeda. Mereka adalah Blind Semeton Dewata, komunitas difabel netra di Bali yang gemar mendukung tim kesayangan mereka, Bali United.

 

Berdiri sejak tahun 2019 atas prakarsa Pande Putu Rifan, Blind Semeton Dewata menjadi wadah bagi para difabel netra di Bali untuk berkumpul dan merasakan keseruan sepak bola secara langsung di stadion. Komunitas ini tidak hanya menonton pertandingan, tetapi juga aktif dalam berbagai kegiatan, seperti diskusi, edukasi, dan pengembangan bakat di bidang sepak bola.

“Sepak bola bukan hanya tentang melihat, tapi juga tentang merasakan atmosfer dan semangatnya,” ujar Pande Putu Rifan, pendiri Blind Semeton Dewata.

 

Menikmati Sepak Bola dengan Rasa Hati

Bagi para anggota Blind Semeton Dewata, hambatan penglihatan tidak menjadi halangan untuk menikmati sepak bola. Dengan dibantu oleh para pendamping, mereka mengikuti alur pertandingan melalui suara dan sentuhan. Semangat dan antusiasme mereka tak kalah dengan para suporter lainnya.

“Kami bisa merasakan kegembiraan saat tim kesayangan kami mencetak gol, dan kekecewaan saat mereka kalah. Sepak bola menyatukan kami dan membuat kami merasa bahagia,” tutur Mahesa Ardana, salah satu anggota Blind Semeton Dewata.

 

Lebih dari Sekedar Dukungan

Blind Semeton Dewata tidak hanya memberikan dukungan bagi Bali United, tetapi mereka juga menjadi inspirasi bagi banyak orang. Kegigihan dan semangat mereka dalam menjalani hidup dan kecintaan mereka terhadap sepak bola menunjukkan bahwa kondisi yang berbeda tidak menghalangi mereka untuk meraih mimpi dan berkarya.

“Kami ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa kami bisa hidup mandiri dan berkontribusi di masyarakat. Sepak bola adalah salah satu cara untuk menunjukkan kemampuan kami,” ungkap Pande Putu Rifan kembali.

 

Membuka Jalan Inklusivitas

Kehadiran Blind Semeton Dewata di stadion sepak bola menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya inklusivitas. Sepak bola, dan olahraga pada umumnya, harus dapat dinikmati oleh semua orang, tanpa terkecuali.

“Kami berharap semakin banyak orang yang terbuka dan menerima perbedaan. Sepak bola dapat menjadi jembatan untuk menyatukan kita semua,” pesan Pande Putu Rifan.

 

Kisah Inspiratif yang Menanti untuk Diceritakan

Blind Semeton Dewata adalah contoh nyata bagaimana sepak bola dapat menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang. Kisah inspiratif mereka patut untuk diceritakan dan dicontoh, agar semakin banyak orang yang memahami arti inklusivitas dan membuka hati mereka untuk menerima perbedaan.

 

Mari kita dukung Blind Semeton Dewata dan ciptakan dunia yang lebih inklusif, di mana semua orang dapat merasakan keseruan sepak bola tanpa halangan dan hambatan.[]

 

Reporter : Harisandy

Editor     : Ajiwan Arief

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air