en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

FKDC Selenggarakan Penandatanganan Kontrak dan Pelatihan Fasilitator Desa

 

Solidernews.com, Cirebon  – Dalam upaya mendukung inklusi  difabel  di tingkat desa, Forum Komunikasi Difabel Cirebon (FKDC) salah satu mitra Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Indonewia  telah resmi menandatangani kontrak dengan fasilitator desa yang terpilih untuk mengambil bagian dalam Program Solider Inklusi. Acara yang juga meliputi sesi pembekalan ini dilaksanakan di kantor sekretariat FKDC pada Jumat, 8 Maret 2024.

 

Kegiatan tersebut menandai komitmen bersama untuk memulai pelaksanaan program yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dalam mendukung hak-hak difabel.

 

Acara penandatanganan kontrak dan pembekalan fasilitator ini dihadiri oleh tim dari FKDC, serta para fasilitator yang terpilih. Pembekalan disiapkan untuk memberikan fasilitator pengetahuan dasar dan keterampilan yang diperlukan dalam menjalankan tugas mereka, termasuk pengenalan terhadap konsep dan praktik inklusi sosial, strategi komunikasi efektif, dan cara-cara mengidentifikasi serta mengatasi tantangan yang mungkin dihadapi di lapangan.

“Kami berharap, dengan penandatanganan kontrak dan sesi pembekalan ini, para fasilitator desa akan lebih siap untuk memimpin upaya-upaya inklusi di desa mereka,” ujar Oni Jahoni, selaku bendahara FKDC.

 

“Kerja mereka sangat penting dalam memastikan bahwa program Solider Inklusi dapat memberikan dampak yang positif dan berkelanjutan bagi masyarakat difabel,” lanjutnya.

 

Program Solider Inklusi dirancang untuk membangun kapasitas komunitas desa dalam menyediakan lingkungan yang lebih inklusif untuk teman-teman difabel, dengan fokus pada peningkatan akses terhadap pendidikan, pekerjaan, dan kegiatan sosial. Fasilitator desa akan bertindak sebagai agen perubahan, memfasilitasi dialog antara teman-teman difabel, keluarga mereka, dan anggota komunitas lainnya, serta mengorganisir kegiatan yang mendukung inklusi.

 

Dengan langkah ini, FKDC  berharap untuk memperkuat jaringan dukungan sosial bagi teman-teman difabel, serta mempercepat pencapaian kesetaraan dan inklusi sosial di seluruh Indonesia.[]

 

Reporter: Apipudin

Editor      : Ajiwan Arief

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air