Search
en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

FKDC dan Bappelitbangda Kabupaten Cirebon Bahas Musrenbang Khusus Difabel untuk Tahun 2025

Solidernews.com – Pada hari Kamis, tanggal 16 mei 2024, Forum Komunikasi Difabel Cirebon (FKDC) melakukan kunjungan ke Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Cirebon. Dalam pertemuan tersebut, Kepala Bappelitbangda menjelaskan rencana penting yang akan dilaksanakan pada tahun depan: Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) khusus untuk komunitas difabel.

 

Dangi, Kepala Bappelitbangda mengungkapkan bahwa musrenbang khusus ini bertujuan untuk memisahkan usulan dari komunitas difabel agar lebih fokus dan terarah. “Kami ingin mendapatkan data tentang kompetensi, kebisaan, serta keinginan dan kebutuhan teman-teman difabel,” ujarnya. Data ini akan direkap dan dipetakan untuk memahami dengan jelas aspirasi komunitas difabel.

 

Lebih lanjut, beliau menekankan pentingnya kerjasama antara berbagai pihak, baik dari pemerintahan maupun luar pemerintahan. “Jika kebutuhannya adalah pelatihan, kami akan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag). Selain itu, kami juga akan melibatkan kampus dan komunitas lain, namun kami butuh mengetahui terlebih dahulu apa yang teman-teman inginkan,” jelasnya.

 

Kepala Bappelitbangda juga berkomitmen untuk memudahkan proses birokrasi agar tidak menjadi hambatan dalam pengajuan usulan. “Jangan ragu, tidak harus birokrasinya susah. Kami di manajemen Bappelitbangda ingin memudahkan,” tegasnya.

 

Selain itu, beliau mengajak semua untuk tidak hanya bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), melainkan untuk mengedepankan ide-ide kreatif yang dapat memberikan dampak signifikan tanpa memerlukan anggaran besar.

 

Kepala Bappelitbangda juga menyampaikan keyakinannya terhadap potensi dan semangat teman-teman difabel. “Saya berkeyakinan penuh teman-teman itu punya kemampuan lebih dan kekuatan lebih. Dengan semangatnya saja sudah kelihatan,” katanya.

 

Pertemuan ini ditutup dengan harapan bahwa Musrenbang khusus difabel dapat terlaksana dengan baik dan mampu mewujudkan aspirasi komunitas difabel di Kabupaten Cirebon.[]

 

Reporter: Apipudin

Editor      : Ajiwan Arief

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air