en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Dua Difabel Lolos Seleksi SIPSS POLRI

Solidernews.com – KABAR gembira datang dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI). Baru-baru ini Polri menerima dua orang personil difabel. Keduanya lolos seleksi melalui jalur penerimaan Sekolah Inspektur Sumber Sarjana (SIPSS) tahun 2024.

 

Sebanyak 226 peserta lolos tahap awal seleksi SIPSS, tiga orang di antaranya penyandang disabilitas atau difabel. Hal ini mengemuka dari Asisten Kapolri Bidang Suber Daya Manusia Irjen Polisi Dedi Prasetyo, Minggu (25/2/2024).

 

Mengutip keterangan tertulis Divisi Humas Polri, dari tiga peserta difabel yang tes pusat tersebut, ada dua orang yang sampai sekarang masih lanjut.

 

Dedi, Jenderal Polisi Bintang Dua itu menyebut, dua orang difabel yang lolos memiliki latar belakang pendidikan sarjana kedokteran dan sarjana pendidikan. Keduanya memiliki kompetensi di bindang teknologi dan informasi.

 

Dua orang peserta tersebut memperoleh hasil tes yang baik, hingga tahap akhir dan berhasil lolos dengan peserta reguler lain. Keduanya pun telah memiliki posisi penugasan masing-masing. Satu orang akan bertugas sebagai dokter, satu orang lainnya sebagai operator di bidang teknologi informasi.

“Pekerjaannya lebih banyak ke staf, staffing, maupun kelompok-kelompok operator,” terang Dedi.

 

Mantan Kepala Divisi Humas Polri itu menambahkan seluruh peserta yang lolos tahap akhir penerimaan SIPSS Polri, termasuk difabel, akan memulai pendidikan pada 5 Maret 2024.

 

Penerimaan personel Polri dari kelompok difabel merupakan program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang membuat kebijakan inklusif dengan membuka rekruitmen SIPSS untuk kalangan difabel. Proses seleksi masuk dan kegiatan pendidikan para difabel dengan siswa reguler dilakukan bersamaan.

 

Dua peserta difabel tersebut bukanlah yang pertama lolos seleski Polri. Pada 2023, Polri telah menerima satu orang polisi wanita difabel fisik, lulusan D3 manajeman perusahaan, yang bertugas sebagai Arsiparis di Polda Sumatera Selatan.

 

Rekruitmen Bintara Difabel

Dedi menambahkan, Polri juga akan membuka kesempatan bagi kalangan difabel untuk mengikuti seleksi pendidikan pembentukan bintara, mulai tahun ini (2024).

“SSDM Polri mengencarkan sosialisasi pengumuman pembukaan rekruitmen bintara ke kelompok difabel. Seleksi jaklur Bintara Polri akan diumulai pada akhir Maret 2024,” ujarnya.

 

Akomodasi pendaftar difabel

Sebelumnya, seleksi penerimaan anggota SIPSS tahun anggaran 2024 dilaksanakan di Akademi Polisi (Akpol) Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (17/2). Kepala Biro Pengendalian Personel (Karo Dalpers) SSDM Polri Brigjen Pol. Nurworo Danang, dalam keterangan tertulisnya.

 

Nurworo Danang mengatakan, jumlah pendaftar keseluruhan jalur SIPSS tahun 2024 mencapai 1.251 peserta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.247 pendaftar reguler dan empat pendaftar dari kelompok difabel. Pendaftrar dinyatakan lolos sebanyak 226, tiga di antaranya difabel dan kini tersisa dua orang yang lolos.

 

Untuk kelancaran proses seleksi bagi peserta difabel, Polri menyiapkan akomodasi dan sarana prasarana yang dibutuhkan. “Harapan kami, adik-adik ini bisa mengikuti rangkaian tes dengan baik dan lancar,” kata Danang.

 

Jenderal polisi bintang satu itu menambahkan, Polri menerapkan prinsip BETAH dalam pelaksanaan rekruitmen. Prinsip BETAH merupakan akronim dari bersih, transparan, akuntabel dan humanis.[]

 

Reporter: harta nining Wijaya

Editor      : Ajiwan Arief

 

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air