Search
en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Difabel Mental Jenis Perkembangan dan Cara Mudah Menghafalkannya

Solidernews.com – Difabel mental jenis perkembangan adalah difabel yang masih eksklusif, karena isu terkait difabel ini hanya muncul di kalangan akademisi, tenaga Kesehatan dan para orangtua yang memiliki anak dengan kondisi difabel ini. Nama untuk difabel perkembangan itu sendiri memiliki nama nama ilmiah yang menurut penulis bukan nama yang mudah dikenali. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis akan membagikan ilmu penulis terkait difabel perkembangan tersebut.

 

Definisi difabel mental jenis perkembangan

Difabel mental jenis perkembangan adalah sekumpulan   difabel mental yang  sudah pasti mengalami gejala difabel tersebut sejak berusia dini. Namun tingkatan dari gejala yang ditampakkan bervariasi (ringan, sedang, berat) sehingga ada yang bisa terdeteksi sejak dini, ada juga yang baru terdeteksi pada saat usia dewasa.

 

Bagaimana mungkin ada difabel perkembangan yang baru terdeteksi di usia dewasa?

Untuk kondisi difabel perkembangan yang baru terdeteksi Ketika usia dewasa, biasanya gejala yang ditampakkan oleh individu tersebut sewaktu ia kecil adalah gejala ringan yang dianggap sepele sehingga tidak dianggap serius oleh mayoritas orangtua. Ternyata, gejala yang sudah terjadi di masa kecil yang disepelekan orangtua tersebut menimbulkan kesulitan pada individu tersebut pada saat ia harus menghadapi situasi tertentu yang hanya ia hadapi di masa dewasa. Pada akhirnya, individu tersebut harus menghadapi tekanan tertentu yang membuat individu tersebut sadar akan kondisi difabel perkembangannya.

Contohnya, difabel autism yang baru menyadari ada hal yang berbeda pada dirinya pada saat pekerjaan yang dilakukannya menuntut ia untuk memiliki keterampilan sosial yang baik sedangkan mayoritas individu autistik memang memiliki kesulitan dalam hal memiliki keterampilan sosial yang baik. Atau, difabel ADHD yang baru menyadari dirinya berbeda pada saat dihadapkan pada pekerjaan yang membutuhkan motorik halus (membedah pasien) dengan durasi yang lama yang membutuhkan tingkat fokus yang tinggi. Semua contoh yang penulis ambil beberapa kisah nyata yang penulis ambil, dan tidak sedikit kisah yang mirip-mirip yang sudah penulis dengar.

 

DADIH, singkatan untuk menghafal difabel perkembangan

Penulis mengambil referensi kategori difabel perkembangan dari buku DSM 5 Tr. Setelah beberapa kali penulis membaca buku yang isinya full Bahasa inggris, penulis menemukan bahwa untuk kategori difabel perkembangan maka cara menghafalkannya cukup disingkat dengan kata DADIH.

 

Penjelasan singkat difabel perkembangan DADIH

Pada tulisan ini, penulis akan menjabarkan secara singkat difabel perkembangan yang ada. Memang, penjelasan singkat dari penulis tidak akan menjelaskan secara utuh gejala yang dialami per difabel perkembangan selengkap DSM 5 Tr. Namun setidaknya bisa memberikan gambaran secara singkat mengenai difabel perkembangan tersebut.

 

D untuk kondisi Disleksia yaitu kesulitan yang dialami individu dalam hal mengolah informasi yang berbentuk tulisan. A untuk kondisi Autisme kesulitan yang dialami individu dalam hal mengolah informasi yang sifatnya komunikasi non-verbal disertai dengan gejala restricted repetitive behaviour yang menyebabkan mereka kesulitan untuk bersosialisasi. D untuk kondisi Diskalkulia yaitu kesulitan yang dialami individu dalam hal mengolah informasi dalam bentuk angka. I untuk kondisi Intelektual/gangguan intelektual yaitu individu tersebut biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan orang lain untuk mengolah informasi tertentu. H untuk kondisi Hiperaktif Dimana individu tersebut memiliki perhatian yang sangat mudah teralihkan, kesulitan untuk fokus atau/dan tetap tenang di satu tempat dalam jangka waktu yang lama pada saat informasi tertentu sedang diberikan.

 

Penulis menyadari bahwa singkatan DADIH yang penulis jabarkan kepada pembaca ini tidak bisa mewakili semua jenis difabel perkembangan yang disebutkan dalam buku DSM 5 Tr. Contoh, gangguan komunikasi tidak dimasukkan dalam singkatan DADIH ini. Namun bagi penulis, singkatan DADIH ini cukup. Ada beberapa alasan mengapa singkatan DADIH ini cukup. Pertama, Sebagian besar gangguan komunikasi yang ada di DSM 5 Tr tidak memenuhi kriteria yang membuat kondisi tersebut dapat dikategorikan sebagai kondisi difabel berdasarkan UU 8 tahun 2016. Kedua, Sebagian besar kondisi difabel yang ada pada singkatan DADIH memenuhi kriteria untuk disebut sebagai kondisi difabel.

 

Definisi DADIH

Kata DADIH bukan hanya singkatan yang penulis gunakan untuk mempermudah penulis maupun membaca untuk menghafalkan kategori difabel perkembangan yang ada. DADIH sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang ada di dunia nyata. DADIH adalah susu fermentasi yang berasal dari Minangkabau Sumatera barat. Selain dalam bentuk susu fermentasi, DADIH juga ada dalam bentuk kemasan puding. DADIH jagung Namanya, kalau makanan kemasan ini adalah khas Malaysia.

 

Harapan penulis setelah menulis ini

Harapan penulis setelah menuliskan ini adalah para pembaca lebih mudah untuk mengingat jenis difabel perkembangan yang ada. Selain itu, penulis berharap agar pembaca dapat mengetahui secara singkat makna dari nama difabel perkembangan tersebut sehingga bisa lebih mudah untuk menanyakan akomodasi yang layak untuk difabel difabel tersebut.[]

 

Penulis: Rahmat Fahri Naim

Editor      : Ajiwan Arief

 

Biodata penulis

Rahmat Fahri Naim merupakan individu dengan difabel ganda. Pertama ia memiliki kondisi spektrum autisme. Kedua, ia memiliki kondisi narkolepsi, kondisi yang masuk dalam kategori gangguan langka atau rare disorder. Saat ini tergabung di Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel Indonesia. Ia memiliki minat untuk mendalami isu isu Invisible Difability atau yang dalam Bahasa Indonesianya disebut difabel tak kasat mata. Penulis bisa dihubungi melalui akun r_fahri_n yaitu id instagramnya.

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air