Search
en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Christian Disability Community Hadirkan Voice Over Talent untuk Meningkatkan Peluang Kerja bagi Difabel

Solidernews.com – Para penyandang difabel dari berbagai kota di Indonesia mengikuti webinar voice over yang diselenggarakan oleh Christian Disability Community.

Acara  ini dilaksanakan melalui platform Google Meet pada Sabtu, 15 Juni 2024 pukul 18.00 WIB hinga 19.00 WIB.

 

Tujuan Christian Disability Community menyelenggarakan acara ini agar  dapat memperluas peluang kerja bagi difabel.

 

Acara ini menghadirkan seorang pembicara yang inspiratif bernama Caroline Anggiat Mauli Simatupang, S. Th., seorang difabel netra yang sekarang sukses bekerja sebagai voice over talent dan pengajar Program Pelatihan Keterampilan Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Ia pernah menjadi pengisi suara untuk beberapa video animasi cerita rakyat daerah, seperti “Pangeran Condet Jakarta” dan “Sumur Putri Lampung”, serta video  serial animasi pendek, seperti “Beto & Friends” dan “Si Ochip”. Selain itu, ia juga pernah mengisi suara untuk beberapa video profil lembaga dan perusahan.

 

Acara pembuka webinar voice over ini dipandu oleh Edwin Dikwantoro S.Sos sebagai moderator. Kemudian, disambut oleh Eka Christian, S.Pd selaku ketua Christian Disability Community serta dilanjutkan dengan doa pembuka oleh Ni putu prima terima sanjiwangi.

 

Sementara itu, kegiatan inti diisi oleh Caroline Anggiat Mauli Simatupang, S. Th. Ia memaparkan bahwa ada tiga materi dalam acara inti ini, yaitu Pengenalan dunia voice over, Teknik voice over dan Peluang karir voice over bagi  difabel.

 

Pengenalan Dunia Voice Over

Menurut Caroline Anggiat Mauli Simatupang, S. Th, Voice over adalah teknik produksi perekaman suara di mana perekaman suaranya itu dipergunakan untuk penggunaan di luar layar atau  tanpa menampilkan pemilik suara.

“Orang yang bekerja sebagai voice over disebut voice over talent, pekerjaannya adalah membacakan teks atau pesan,” lanjutnya.

 

Teknik Voice Over

Caroline memaparkan bahwa diperlukan teknik-teknik untuk menjadi seorang voice over talent di antaranya:

Pertama Pernafasan “Teks yang panjang atau pendek itu membutuhkan teknik pernafasan agar bisa mengikuti cepat atau lambatnya tempo bicara sehingga tidak mudah lelah dan tidak mencidera pita suara,” ungkapnya.

Kedua Senam wajah “Senam wajah sebelum perekaman suara itu wajib, sebab ekspresi wajah itu dapat mempengaruhi karakter dan pelafalan suara,” ungkap Caroline.

Kedua yang tak kalay penting adalah artikulasi. Dalam hal ini, Caroline mengungkapkan bahwa ada latihan untuk melatih artikulasi, yaitu huruf vokal, seperti A, E, I,O, dan U.

Ketiga tentang Intonasi. Intonasi adalah tinggi rendahnya nada untuk memberikan penekanan pada kata-kata dalam suatu kalimat. Hal ini dapat dicontohkan pada kalimat “Selamat datang di layanan call center” yang biasanya diucapkan para call center.

Keempat adalah Ekspresi dan emosi. “Pekerjaan voice over talent itu bukan hanya sekedar membacakan teks, tetapi harus ada ekspresi,” kata Caroline.

“Kita mencoba membaca naskah dan masuk ke dalam suasana cerita tersebut. Misalnya, naskah flim dan naskah animasi. kita benar-benar menjadi tokoh dalam naskah tersebut,,” ungkapnya. Selain itu, Caroline berkata bahwa untuk menjiwai sebuah teks adalah dengan cara membayangkannya.

“Atau kalau misalnya itu iklan, kita benar-benar harus masuk ke dalam suasana iklan tersebut agar kita dapat mendorong orang-orang untuk membeli produk itu,” ungkapnya.

 

Kelima adalah Interpretasi naskah. Caroline berkata bahwa interpretasi naskah adalah paham cerita naskah secara keseluruhan dan paham cara menyampaikannya.

 

Keenam adalah Microphone. Dalam hal ini Caroline berkata bahwa untuk memegang microphone itu jangan terlalu jauh atau dekat agar suaranya tidak pecah dan bisa didengar orang dengan jelas.

 

Peluang Karir Voice Over bagi Difabel

Caroline menyatakan bahwa pekerjaan sebagai voice over adalah pekerjaan yang sangat aksesibel dan fleksibel bagi difabel.  Mereka bisa mengirimkan sample suara ke website Inavoice.com jika ingin menjadi voice over talent.

 

Kegiatan webinar voice over ini ditutup dengan doa bersama dan foto bersama. Harapannya, semoga dari pelaksanaan webinar voice over ini dapat memperluas peluang pekerjaan bagi  difabel di seluruh Indonesia.  Jika Anda tertarik untuk menjadi voice over talent silahkan klik link di bawah ini. Voice Over Talent Registration.[]

 

Reporter: Tri Rizki Wahyu Djari 

Editor     : Ajiwan Arief

 

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air