Search
en id

Gunakan fitur ACCESSIBILITY melalui tombol bagian kanan bawah sebagai preferensi untuk kenyamanan Anda.

Big OCEAN, Boy Group Pertama dengan Seluruh Anggotanya Tuli

Solidernew.com BIG OCEAN. Ialah satu-satunya group saat ini, yang seluruh anggotanya  mengalami hambatan pendengaran (tuli). Grup ini telah membuat debut resmi dalam industri Kpop, pada 20 April 2024. Grup besutan Parastar Entertainment tersebut, terdiri dari tiga orang anggota. Debut pertama mereka, ialah lagu berjudul Glow.

 

Sebagaimana grup musik pada umumnya, BIG OCEAN juga melakukan promosi dengan tampil di berbagai acara musik. Karena anggota grup ini memiliki keunikan sendiri, yaitu hambatan mendengar, Park Hyunjin, Lee Chanyeon, dan Kim Jiseok. Mereka menggunakan metode yang berbeda dalam berlatih, merekam video musik, dan merekam lagu.

 

Jiseok mengakui bahwa cukup sulit bagi mereka untuk menentukan waktu yang tepat untuk berlatih. Namun, mereka memiliki anggota staf yang selalu membimbing mereka dalam melewati kesulitan tersebut. Dikutip dari pernyataan Koreaboo.

 

Selama latihan atau rekaman koreografi, anggota BIG OCEAN mendapat contoh gerakan secara visual. Hal ini dilakukan untuk menjaga irama lagu dengan menggunakan tangan, sehingga para anggota dapat melakukannya dengan benar.

 

Memanfaatkan kecanggihan teknologi

Selain itu, mereka juga menggunakan layar di ruang latihan untuk menampilkan irama. BIG OCEAN juga memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membantu mereka dalam menyanyikan lagu.

 

Saat bernyanyi, mereka menggunakan tuner digital, untuk memeriksa nada. Setelah merekam, audio kemudian dicampur dengan bantuan teknologi suara AI (Artificial Intelligent).

 

Selama proses pembuatan video musik, BIG OCEAN didampingi oleh staf yang membantu mereka dalam menafsirkan instruksi sutradara. Mereka berkomunikasi dengan membaca gerakan bibir.

 

Jiseok juga menjelaskan, bahwa perbedaan tingkat pendengaran mereka membuat mereka kesulitan untuk tetap sinkron saat bernyanyi dan menari. Mereka harus terus mendengarkan lagu berulang-ulang dengan bantuan alat.

Alat tersebut dapat mengirimkan getaran untuk membantu mereka merasakan ritme dalam tubuh. Hyunjin menjelaskan, bahwa mereka juga mengandalkan getaran yang dirasakan melalui langkah kaki untuk menjaga tempo.

 

Tampil di acara musik

Untuk pertunjukan di acara musik, grup ini menggunakan jam tangan khusus yang dapat bergetar sesuai dengan ketukan lagu. Getaran tersebut membantu para anggota tetap mengikuti irama.

 

BIG OCEAN juga belajar bahasa isyarat Korea, Amerika, dan internasional untuk tampil di atas panggung. Mereka menari dengan bantuan metronom untuk menjaga waktu di atas panggung.

 

Keberadaan BIG OCEAN memberikan warna baru dalam industri musik Kpop. Karya mereka sudah dapat didengarkan melalui berbagai platform streaming musik.[]

 

Reporter: Harta Nining Wijaya

Editor     : Ajiwan

Bagikan artikel ini :

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

BERITA :

Berisi tentang informasi terkini, peristiwa, atau aktivitas pergerakan difabel di seluruh penjuru tanah air